Rayhan's Another 15 Classic Movies you should watch...part 2

Selasa, 11 Mei 2010 19.21 Posted by Rayhan's Music and Movie Pit
16. The Untouchables (1987), Eliot Ness (Kevin Costner), adalah seorang agen Treasury Department ditugaskan untuk menyelidiki dan menangkap Al Capone (Robert De Niro), pemimpin mafia yang cukup mapan di tahun 1920'an - 1930'an. Ness punya taktik untuk mengalahkan Capone, caranya dengan membuat anggota siap-siaga sendiri. Ness mendapat bantuan dari opsir polisi tangguh asal Irlandia, Jim Malone (Sean Connery). Lalu mereka berdua mendatangi departemen polisi untuk mencari penembak mahir, George Stone (Andy Garcia). Ditambah dengan satu akuntan, Oscar Wallace. Preman-preman Capone dirusak oleh mereka berempat, Capone marah besar. Lalu akhirnya ia mengirim anggotanya untuk membunuh Wallace dan Malone. Ness dan Stone harus mengalahkan Capone dengan kekuatan mereka berdua.















17. Good Morning, Vietnam (1987), Adrian Cronauer (Robin Williams) yang baru saja sampai di Vietnam pada tahun 1965 untuk bekerja di pangkalan tentara AS sebagai pembawa acara di radio khusus militer. Tadinya lagu-lagu disiarkan, adalah lagu-lagu yang lemah lembut, sendu dan swing. Tapi setelah Cronauer datang, lagu-lagunya berubah menjadi Rock N' Roll. Atasan Cronauer beberapa kali marah dan tidak mau Cronauer membuat candaan kontroversial dan merubah lagu-lagu yang disiarkan menjadi Rock N' Roll. Di samping itu, diluar pekerjaan, ia bertemu dengan wanita Vietnam yang cantik, Trinh. Trinh punya kakak, Tuan. Tidak disangka, Tuan ternyata adalah anggota Viet-Cong. Cronauer harus berpisah dari Trinh dan ia harus pulang kembali ke Amerika sebelum Viet-Cong menerornya.













18. Full Metal Jacket (1987), film ini menceritakan perang Vietnam, dimana para prajurit dilatih keras oleh instrukturnya agar siap di medan laga. Pada tahun 1968, "Joker" Davis yang berpangkat sersan dan menjadi wartawan perang dikirim ke garis depan untuk meliput situasi disana.















19. Field of Dreams (1989), Ray Kinsella (Kevin Costner) adalah seorang petani. Lalu anehnya, setiap hari ia mendengar bisikan "If you build it, he will come" yang artinya "Jika kamu bangun itu, dia akan datang". Membuat dia berpikir secara teka-teki. Ray mencukur ladang jagungnya menjadi lapangan baseball. Ternyata kata "dia" itu adalah seorang legenda baseball, Shoeless Joe Jackson (Ray Liotta) yang telah lama tidak bermain karena adanya skandal dalam timnya. Lalu anggota timnya yang lain ikut datang bersamanya. Bisikan-bisikan tu terus menghantui Ray, ia harus mencari tahu apa yang selanjutnya ia harus lakukan.











20. Dances with Wolves (1990), Letnan John Dunbar (Kevin Costner) adalah seorang veteran Perang Sipil Amerika. Ia pensiun karena kakinya cedera dan hampir di-amputasi. Lalu ia merantau ke daerah lain dan bertemu para kumpulan Indian. Ia berbagi makanan dan minuman dengan mereka. Dunbar akhirnya dikenal sebagai warga pribumi yang baik oleh kepala suku Indian. Tapi ketika Dunbar, datang ke tempat perkumpulan Indian, ia melihat wanita pribumi, tetapi dia berbicara bahasa Indian. Ternyata si wanita itu adalah seorang putri pemimpin tentara yang tersesat saat ayahnya dibunuh oleh lawan. Dunbar terus mencoba untuk mengenali si wanita walaupun dengan adaptasi yang lambat.













21. GoodFellas (1990), Henry Hill (Ray Liotta) adalah seorang anggota mafia Italia keturunan Irlandia. Ia dilindungi oleh Paul Cicero (Paul Sorvino), Jimmy Conway (Robert De Niro) dan Tommy DeVito (Joe Pesci). Mereka ingin merampok uang dan perhiasan di airport John F. Kennedy International yang disebut Lufthansa Heist. Sekitar 5 juta dolar dalam kas dan 875.000 dolar dalam perhiasan itu dicuri. Perampokan Luthfansa adalah perampokan uang tunai terbesar yang pernah dilakukan di tanah Amerika. Tapi setelah itu masing-masing anggota dibunuh termasuk Tommy. Henry hancur dalam kemiskinan setelah diketahui oleh polisi bahwa ia adalah bandar juga pemakai narkoba diluar dan didalam penjara. Paul dan Jimmy dimasukkan ke penjara untuk waktu yang lama.















22. Awakenings (1990), Dr. Malcolm Sayer (Robin Williams) bekerja di rumah sakit lokal di daerah Bronx, New York. Ia mempelajari penyakit aneh yang dinamakan enchephalitis lethargica. Penyakit yang menyerang pikiran untuk kaku untuk bertahun-tahun. Sayer mengakali kalau si pasien diberi obat L-Dopa. Ia mengeksperimen untuk pertama kalinya kepada pasien Leonard Lowe (Robert De Niro). Rupanya Leonard bisa sembuh dan sadar, mampu mengerakkan tangannya. Akhirnya semua pasien diberi obat L-Dopa, mereka semua sadar setelah 'tidur' sepanjang tahun. Setelah beberapa hari, para pasien mulai kembali ke penyakitnya, Sayer sadar bahwa jika L-Dopa mengurang dosisnya pasien akan sakit kembali. Sayer jadi belajar bahwa kesadaran (awakening) akan terjadi di tahun-tahun berikutnya berbeda tempat dan berbeda waktu.












23. The Godfather Part III (1990), sekuel Godfather kali ini menceritakan tentang Michael Corleone (Al Pacino) tua yang sedang mencari penerusnya sebagai Don. Anaknya Anthony yang sudah diprediksi akan menggantikannya menolak, karena lebih memilih hidupnya menjadi musisi dibanding bekerja dengan Mafia. Lalu datanglah Vincent Mancini (Andy Garcia), anak jadah-nya almarhum Sonny Corleone yang telah dibunuh di The Godfather (1972). Vincent bersikap pemarah seperti ayahnya, sensitif seperti Fredo, kejam seperti Michael, dan licik seperti Vito. Setelah bekerja dengan Michael sebagai asisten/pelindungnya. Michael memutuskan untuk menggantikan dirinya dengan Vincent. Nama Vincent pun berubah menjadi Don Vincent Corleone.
















24. A Few Good Men (1992), pengacara militer Daniel Kaffee (Tom Cruise) sedang bekerja pada kasus dibunuhnya prajurit yang sedang menuju perjalanan ke rumahnya. Ia mencurigai adanya perintah dengan keterangan yang salah dari Kolonel Nathan Jessep (Jack Nicholson). Kaffee membawanya ke ruang pengadilan dan menginterogasinya secara sarkasme. Ternyata Kolonel Jessep mengaku bahwa ia telah membuat 'kode merah' yang membuat si prajurit dibunuh.















25. Fargo (1996), Jerry Lundegaard (William H. Macy), seorang dealer mobil yang sedang dalam utang besar dan mempekerjakan dua penculik kecil-kecilan, Carl (Steve Buscemi) dan Gaear (Peter Stormare) untuk menculik istrinya, sehingga dia bisa mengumpulkan uang tebusan menjadi pelunas utang dari mertuanya. Ketika istrinya sudah diculik, di perjalanan, Carl dan Gaear diberhentikan oleh polisi karena plat nomor mobilnya. Ketika upaya Carl untuk menyuap polisi gagal, Gaear langsung menembak polisi itu. Gaear juga membunuh sepasang suami istri yang melihatnya sedan menyeret tubuh polisi. Marge Gunderson (Frances McDormand), seorang polisi wanita yang sedang hamil, langsung melakukan investigasi untuk kasus yang aneh ini.













26. Good Will Hunting (1997), Will Hunting (Matt Damon) adalah seorang petugas kebersihan yang bekerja di MIT dan memiliki kecerdasan tingkat jenius. Ia merupakan seorang anak tiri yang sering dilecehkan oleh orang tuanya, itu membentuk dirinya menjadi emosional. Salah satu profesor di MIT, mengetahui bahwa Will itu sangat pintar. Ia bisa sekolah di kampus oleh beasiswa. Lalu si profesor membawanya ke teman lamanya merangkap dosen psikolog, Sean Maguire (Robin Williams). Sean dibuat kesal oleh sikap Will yang tidak sopan. Lalu Sean malah ingin mempelajari sikap Will untuk sesi-sesi berikutnya.















27. As Good as It Gets (1997), Melvin Udall (Jack Nicholson) adalah seorang pengarang novel yang sukses dan terkenal, namun ia juga seorang yang rasis, homophobia dan cenderung egois. Ia juga mengidap penyakit OCD (Obsessive Compulsive Disorder) penyakit yang membuat si pengidap muak dengan segala sesuatu yang kotor atau sesuatu baru dikenakan/dipakai orang lain.















28. Saving Private Ryan (1998), pada perang dunia II, 3 dari 4 prajurit Ryan bersaudara telah terbunuh, maka supaya kejadian yang serupa tidak dialami oleh sibungsu, James Francis Ryan (Matt Damon), Jenderal George Marshall memerintahkan agar si Ryan bungsu ini dikembalikan kepadanya ibunya dengan selamat. Di Perancis, Kapten John Miller (Tom Hanks) diperintahkan untuk memenuhi tugas itu oleh komandan batalionnya. Terpilihlah 6 orang yang ikut kepada misinya. Tugas pun segera dilakukan.














29. American Beauty (1999), Lester Burnham (Kevin Spacey), seorang pekerja kantor setengah baya yang memiliki krisis paruh baya. Saking krisisnya, Lester berhenti bekerja , menjadi seorang pelayan restoran fast food, kembali merokok marijuana, dan tergila-gila dengan teman baik putrinya, Angela.















30. Magnolia, film ini menjalin sembilan alur cerita yang nantinya akan tersambung. Masing-masing ceritanya diperankan oleh orang-orang yang masih beraktivitas di Los Angeles, California.










Trivia:
- Kevin Costner bermain dalam 3 buah film: The Untouchables (1987) sebagai Eliot Ness, Field of Dreams (1989) sebagai Ray Kinsella dan Dances with Wolves (1990) sebagai Lt. John Dunbar.
- Robin Williams bermain dalam 3 buah film: Good Morning Vietnam (1987) sebagai Adrian Cronauer, Awakenings (1990) sebagai Dr. Malcolm Sayer dan Good Will Hunting (1997) sebagai Sean Maguire.
- Robert De Niro bermain dalam 3 buah film: The Untouchables (1987) sebagai Al Capone, Awakenings (1990) sebagai Leonard Lowe dan GoodFellas (1990) sebagai Jimmy Conway.
- Jack Nicholson bermain dalam 2 buah film: A Few Good Men (1992) sebagai Col. Nathan Jessep dan As Good as It Gets (1997) sebagai Melvin Udall.
- Andy Garcia bermain dalam 2 buah film: The Untouchables (1987) sebagai George Stone dan The Godfather Part III (1990) sebagai Vincent Mancini-Corleone.
- Matt Damon bermain dalam 2 buah film: Good Will Hunting (1997) sebagai Will Hunting dan Saving Private Ryan (1998) sebagai Pvt. James Francis Ryan.
- Tom Cruise bermain dalam 2 buah film: A Few Good Men (1992) sebagai Daniel Kaffee dan Magnolia (1999) sebagai Frank Mackey.

0 Response to "Rayhan's Another 15 Classic Movies you should watch...part 2"

Poskan Komentar